RSS

AKSIOLOGI


Aksiologi berasal dari kata Yunani,yaitu axios berarti nilai. Sedangkan logos berarti ilmu teori. Jadi, aksiologi adalah teori tentang nilai. Aksiologi dipahami sebagai nilai. Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya.
Ada banyak pendapat tentang aksiologi, antara lain :
·           Jujun S. Suriasumantri mengartikan aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan ilmu dari pengetahuan yang diperoleh.
·           John Sinclair merujuk pada pemikiran atau suatu sistem seperti politik, sosial dan agama. Sedangkan nilai itu sendiri adalah sesuatu yang berharga, yang diidamkan oleh setiap insan.
·           Bramel mendefinisikan aksiologi terbagi menjadi 3 bagian, yaitu moral conduct (tindakan moral bidang ini melahirkan disiplin khusus yaitu etika, estetik expression ungkapan keindahan bidang ini melahirkan keindahan, sosio polical life bidang ini merupakan kehidupan social politik,yang akan melahirkan filsafat sosio politik).
·           Drs. Prasetya mengatakan aksiolgi adalah study tentang nilai, sedangkan nilai itu sendiri adalah suatu yang berharga yang diidamkan oleh setiap insan. Adapun nilai yang dimaksud adalah nilai jasmani (nilai yang terdiri atas nilai hidup, nilai nikmat, dan nilai guna), dan nilai rohani (nilai yang terdiri atas nilai intelek, nilai estetika, nilai etika, dan nilai religi) dari nilai tersebut nilai hidup dijadikan sebagai dasar, yaitu sesuatu yang didambakan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Sedangkan nilai religi adalah nilai utama, yaitu sesuatu yang didambakan  untuk kemuliaan dirinya.

Aksiologi merupakan ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan, dan sebenarnya ilmu pengetahuan itu tidak ada yang sia-sia kalau kita bisa memanfaatkannya dan tentunya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan di jalan yang baik pula. Karena akhir-akhir ini banyak sekali yang mempunyai ilmu pengetahuan yang lebih itu dimanfaatkan di jalan yang tidak benar.

http:blog.uin-malang.ac.id/abrorainun/2010/10/15/pengertian aksiologi         


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar